Sunday, February 27, 2011

tersier sudah menjadi primer.. what a freak..

saya masih ingat betul dulu sewaktu SD
ibu guru di sekolah berkata..
anak2 ada 3 macam kebutuhan
1. kebutuhan primer
2. sekunder
3. tersier

kebutuhan primer seperti nasi ato beras,lauk pauk
keb.sekunder seperti pakaian baru
sdangkan tersier seperti mobil,handopone,motor,komputer..

nah..
menurut saya..

ibu guru itu harus mengganti contoh2 dari masing2 kebutuhan itu..
coba bayangkan..
(saya membayangkan di pedesaan bahkan pelosok pedalaman)
--handpone sudah tak asing lagi,tiap individu pasti pegang..
--motor di tiap rumah,minimal ada satu..
--komputer atau laptop,tiap pelajar atau mahasiswa biasanya punya bhkan penganggur skalipun..
ketiga barang trsebut dulu masih termasuk keb.tersier,lah kalo skarang??
dan walaupun ke3 barang trsebut harganya mahal,tapi masyarakat tetap membelinya,walaupun dengan cara hutang..
dan masyarakat tidak mau membeli barang yg kualitas ecek2,dn itu sudah barang tentu tidaklah murah,.

sdangkan nasi dn lauk pauk yg mrupakan kebutuhan utama dalam hidup kita..
mnurut saya sudah tak layak jd keb.utama walaupun manusia masih butuh makan..
tapi,yg saya singgung adalah kualitasnya..
tengoklah warteg..
kalo harga nasi mahal,pelanggan mengeluh,lah kalo buat beli pulsa???

bahkan,saya pernah melihat orang yang dirumahnya banyak motor,handopen.y bagus,pakainnya necis..
mereka hanya makan nasi bekas..(*maaf)
what a freak..
masyarakat sudah banyak yg memuja barang mewah tapi mereka mengesampingkan kebutuhan pokok..
nasi..
bahkan di saat harga beras melambung tinggi..
mereka berebut beras bantuan pemerintah,,

kalo begitu,sepertinya kemiskinan di indonesia sudah tidak ada..
susah mencari orang yg benar2 membutuhkan(miskin)..
program BLT pun kadang masih direbut oleh si kaya,dn si miskin hanya bisa menonton..

ah.maaf ini tulisan terlalu riskan untuk dibicarakan,,
intinya mah..
kebutuhan yg dulunya tersier kini berbalik menjadi kebutuhan primer,kebutuhan mendasar..
tanpa hape,tanpa motor saya gak bisa hidup..
bahkan saya pun tanpa internet tak bisa tidur,dn itu yg membuat saya jarang jajan saat kuliah.,
hahaha..

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys