Sunday, February 27, 2011

kuli selalu dibodohi majikan

yg kaya makin kaya yg miskin makin miskin
penggalan lirik lagu marjinal diatas membuat saya berpikir..

apa ada diantara kalian yg bekerja d perusahaan atau bahkan jadi kuli d pabrik.??
kalo ada, apaka anda merasa tidak adil dalam hal upah atau jam kerja..

jam kerja normal sudah jelas dalam uud yaitu delapan jam sehari kalau lima hari kerja seminggu,
tujuh jam sehari kalau tujuh hari kerja seminggu, total 40 jam seminggu.

tapi,
minggu lalu saya melihat para pekerja galian pipa air d daerah saya..
mereka sudah bekerja melebihi jam kerja normal
dan mereka tidak mendapatkan upah tambahan
sungguh terlalu..

padahal menurut pemikiran saya
jam kerja normal 8jam dn itu suda dapet upah sesuai UMK
kalo suda lembur,
misalnya 2jam, itu kn suda beda upah lagi.

mengerti ga anda??
*maaf kata2 saya kurang jelas, mklum ga bisa menuangkan pikiran dlm bentuk kata2..

saya pernah mendengar ucapan bos2 besar
 ‘’Kamu kalau mau kerja di sini silakan, tapi kalau nggak terserah kamu. Kami cuma mau bayar segini.’’
wah teganya..
itulah yg membuat para pekerja merasa dilecehkan, menurut saya.
para pekerja juga hanya berpikir cari duit hanya untuk perut saja tidak untuk yg laen.
jd walopun upah kecil juga mereka merasa cukup.
itulah yg membuat para pengusaha makin kaya..

jadi sebenarnya mah kuli bisa dapet upah lebih..
apalagi kalo kuli sudah lembur..
bayangkan jika 1 jm lembur dibayar 20rb..
selama 7 hari..
bisa lebih lah dapetnyA..

jadi maklumilah kalo ada demo para buruh..

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys